SILABUS
PEMBELAJARAN
Sekolah/Madrash : Aliyah .......Mata Pelajaran :
Fikih Kelas/Semester :
X / 1 ( Ganjil
) Tahun
pelajaran : 20.../20...
Standar Komptensi
|
Komptensi
Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
|||||||
1. Memahami prinsip-prinsip ibadah dan syari’at Islam
|
1.1. Mengidentifi-kasi prinsip-prinsip ibadah dalam Islam
|
Prinsip
ibadah dalam Islam
|
·
Siswa Mencari informasi tentang konsep ibadah dalam Islam
·
Siswa Merumuskan prinsip-prinsip ibadah dalam Islam
·
Siswa Memecahkan masalah penyimpangan prinsip ibadah dalam kehidupan umat Islam
|
·
Mampu Menjelaskan konsep ibadah dalam Islam
·
Mampu Menjelaskan prinsip ibadah yang langsung kepada Allah dalam Islam
·
Mampu Menjelaskan prinsip ketiadaan perantara dalam ibadah
·
Mampu Menjelaskan tujuan ibadah
·
Mampu Menjelaskan keterkaitan ibadah dengan budi pekerti
|
Tes tertulis
|
Isian
|
1 x 45’
|
§ Al-Qur’an
dan terjemahan Fikih Islam
§ Buku
paket PAI kelas X
§ Buku
Fiqih untuk Madrah Aliyah
|
1.2. Menjelaskan tujuan (maqashid) syari’at Islam
|
tujuan (maqashid)
syari’at Islam.
|
· Mencari
informasi tentang tujuan syari’at Islam yang dirumuskan oleh para ulama
· Mendiskusikan
tujuan syari’at Islam
|
·
Menjelaskan hifdz
al-din
·
Menjelaskan hifdz
al-nafs
·
Menjelaskan hifdz
al-aql
·
Menjelaskan hifdz
al-nasl
·
Menjelaskan hifdz
al-mal
|
Tes tertulis
|
Isian
|
1 x 45’
|
§ Al-Qur’an
dan terjemahan Fikih Islam
§ Buku
paket PAI kelas X
§ Buku
Fiqih untuk Madrah Aliyah
|
|
1.3. Menunjukkan perilaku orang yang berpegang pada prinsip-prinsip ibadah dan
tujuan syari’at
|
Berpegang pada prinsip-prinsip
ibadah dan tujuan syari’at
|
·
Menjelaskan pengertian
berpegang pada prinsip-prinsip ibadah dan tujuan syari’at
·
Mendiskusikan Berpegang pada prinsip-prinsip ibadah dan tujuan syari’at.
|
·
Menunjukkan contoh
perilaku orang yang berpegang pada prinsip-prinsip ibadah dan tujuan syari’at
·
Mengidentifikasi
perilaku orang yang tidak berpegang pada prinsip-prinsip ibadah dan tujuan
syari’at
·
Membandingkan perilaku
orang yang berpegang pada prinsip-prinsip ibadah dan tujuan syari’at
|
Tes tertulis
|
Isian
|
1 x 45’
|
§ Al-Qur’an
dan terjemahan Fikih Islam
§ Buku
paket PAI kelas X
§ Buku
Fiqih untuk Madrah Aliyah
|
|
1.4. Menerapkan cara berpegang pada
prinsip-prinsip ibadah dan tujuan syari’at.
|
Penerapan prinsip-prinsip ibadah
dan tujuan syari’at
|
·
Membuat perbandingan
perilaku ibadah yang didasarkan pada prinsip-prinsip ibadah dan yang tidak
pada prinsip-prinsip ibadah
|
·
Mengoreksi praktek
ibadah dalam masyarakat berdasarkan prinsip-prinsip ibadah dan syari’at Islam
·
Menyesuaikan
prinsip-prinsip ibadah dan tujuan syari’at Islam dalam masyarakat
|
Tes tertulis
|
Uraian
singkat
|
1 x 45’
|
§ Al-Qur’an
dan terjemahan Fikih Islam
§ Buku
paket PAI kelas X
|
|
2. Memahami hukum Islam tentang zakat dan hikmahnya
|
2.1. Menjelaskan ketentuan Islam tentang zakat dan hikmahnya
|
Zakat dan hikmahnya
|
·
Membaca objek zakat
dalam Islam
·
Mengidentifikasi
nishab bagi masing-masing objek zakat
·
Mencari informasi
berbagai ukuran yang digunakan untuk kelompok objek zakat
|
·
Menjelaskan
macam-macam objek zakat dalam Islam
·
Menyebutkan nishab
pada masing-masing objek zakat
·
Menjelaskan
dalil-dalil berkait dengan kedudukan zakat dalam Islam
|
Tes tertulis
|
Isian
|
1 x 45’
|
· Buku
Fiqih untuk Madrah Aliyah
· Undang-undang
zakat
|
2.2. Menjelaskan ketentuan perundang-undangan tentang zakat
|
ketentuan perundang-undangan tentang zakat
|
·
Menelaah
perundang-undangan zakat yang berlaku di RI
·
Mendiskusikan
keabsahan peraturan perundangan zakat
|
·
Menyebutkan macam-macam
objek zakat dalam perundang-undangan
·
Menjelaskan kadar
zakat dalam perundang-undangan
·
Membandingkan
ketentuan zakat dalam perundangan dengan ajaran Islam
·
Mempertanyakan
keabsahan perundang-undangan sebagai dasar zakat dalam Islam
|
Tes tertulis
|
Isian
|
1 x 45’
|
· Buku
Fiqih untuk Madrah Aliyah
· Undang-undang
zakat
|
|
2.3. Menunjukkan contoh penerapan ketentuan zakat
|
contoh penerapan ketentuan zakat
|
·
Mencari profesi modern
dan melihat ketentuan zakatnya di dalam perundang-undangan
|
·
Menjelaskan kadar
zakat pada profesi modern
·
Meyakinkan bahwa
profesi-profesi modern juga termasuk objek zakat
·
Menyimpulkan relevansi
zakat bagi pemberdayaan umat
|
Tes tertulis
|
Jawab
Singkat
|
1 x 45’
|
· Buku
Fiqih untuk Madrah Aliyah
· Undang-undang
zakat
|
|
2.4. Menerapk-an cara pelaksanaan zakat sesuai ketentuan perundang-undangan
|
Pengelolaan zakat yang sesuai
dengan perundang-undangan
|
·
Melihat pengelolaan
zakat yang dilakukan oleh lembaga-lembaga zakat
·
Mendiskusikan
kesesuaiannya dengan ketentuan perundang-undangan
|
·
Menggunakan ketentuan
perundang-undangan untuk melihat praktek pengelolaan zakat oleh pemerintah
·
Mengoreksi praktek
pengelolaan zakat oleh swasta berdasar undang-undang dan ajaran Islam
|
Tugas kelompok
|
Laporan
tertulis
|
1 x 45’
|
· Buku
Fiqih untuk Madrah Aliyah
· Undang-undang
zakat
|
|
3. Memahamihaji dan hikmahnya
|
3.1. Menjelaskan ketentuan Islam tentang haji dan hikmahnya
|
ketentuan Islam tentang haji dan
hikmahnya
|
·
Membaca dalil-dalil
yang menjadi dasar ibadah kewajiban haji dan umrah
·
Melihat VCD manasik
haji
·
Merefleksikan
pelaksanaan ibadah haji
|
·
Menjelaskan dasar kewajiban
haji
·
Mengidentifikasi perbedaan haji
dengan umrah
·
Menjelaskan
manasik haji dan umrah
·
Menjelaskan
hikmah haji dan umrah
·
Merefleksikan
manfaat dan hikmah haji dan umrah dalam kehidupan sehari-hari
|
Tes tertulis
|
Isian
|
1 x 45’
|
· Buku
Fiqih untuk Madrah Aliyah
· VCD
manasik haji
·
Undang-undang haji
Media
|
3.2. Menjelaskan ketentuan perundang-undangan tentang haji
|
ketentuan Undang-undang haji
|
·
Membaca undang-undang
haji.
·
Mendiskusikan hikmah
pengaturan haji lewat perundangan
|
·
Menjelaskan
pelaksanaan haji yang sesuai dengan ketentuan perundang-undangan
·
Menjelaskan hikmah
pengaturan haji lewat perundang-undangan
|
Tes tertulis
|
Isian
|
1 x 45’
|
· Buku
Fiqih untuk Madrah Aliyah VCD manasik haji
· Undang-undang
haji
· Media
|
|
3.3. Menunjukkan contoh penerapan ketentuan haji
|
contoh Penerapan haji di Indonesia
|
·
Mencari informasi
pelaksanaan ibadah haji di Indonesi.
·
Mendiskusikan
pelaksanaan haji di Indonesi
|
·
Mendeskripsikan
pelaksanaan haji di Indonesia
·
Menghubungkan aturan
perundangan haji dengan pelaksanaan haji
|
Tes
unjuk kerja
|
Tes
identifikasi
|
1 x 45’
|
· Buku
Fiqih untuk Madrah Aliyah
· VCD
manasik haji
· Undang-undang
haji
· Media
|
|
3.4. Mempraktek-kan pelaksana-an haji sesuai ketentuan perundang-undangan
tentang haji
|
Praktek manasik haji
|
·
Menyusun persiapan
praktek manasik haji dengan membuat miniatur ka’bah
·
Melakukan praktek
manasik haji dengan dipandu guru
|
·
Menerapkan ketentuan
perundang-undangan tentang tentang haji
·
Mengurutkan prosedur
pelaksanaan haji dari Indonesia berdasar perundangan yang berlaku
|
Tes
unjuk kerja
|
Uji
petik kerja prosedur
|
1 x 45’
|
· Buku
Fiqih untuk Madrah Aliyah
· VCD
manasik haji
· Undang-undang
haji
· Media
|
|
4. Memahami hikmah qurban dan aqiqah.
|
4.1. Menjelaskan tata cara pelaksanaan qurban dan hikmahnya
|
tata cara pelaksanaan qurban dan
hikmahnya
|
·
Membaca tata cara
melakukan qurban
·
Merefleksikan hikmah
dari qurban
|
·
Menjelaskan pengertian
dan hikmah qurban
·
Menguraikan tata cara
qurban yang sesuai dengan syari’at
·
Mengaitkan
pensyari’atan qurban dengan kepedulian sosial
·
Merefleksikan Qurban dalam
kehidupan sehari-hari
|
Tes tertulis
|
Isian
|
1 x 45’
|
· Al-Qur’an
dan terjemahan
· Fikih
Islam
· Buku
paket PAI Kelas X
|
4.2. Menerapk-an cara pelaksanaan qurban
|
Penerapan ibadah qurban
|
·
Menyiapkan peralatan
untuk mendemonstrasi-kan qurban
·
Mengidentifikasi
hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengorga-nisir pembagian daging qurban
|
·
Mempraktekkan
pelaksanaan qurban
·
Mengorganisir
pembagian hewan qurban
|
Tes
unjuk kerja
|
Uji
petik kerja prosedur
|
1 x 45’
|
· Al-Qur’an
dan terjemahan
· Fikih
Islam
· Buku
paket PAI Kelas X
|
|
4.3. Menjelaskan ketentuan aqiqah dan hikmahnya
|
Ketentuan aqiqah dan hikmahnya
|
·
Membaca tata cara
melakukan aqiqah
·
Merefleksikan hikmah
dari aqiqah.
|
·
Menjelaskan pengertian
dan hikmah pensyari’atan aqiqah
·
Menguraikan tata cara
aqiqah yang sesuai dengan syari’at
·
Mengaitkan
pensyari’atan aqiqah dengan kepedulian sosial
·
Merefleksikan
hikmah aqiqah dalam kehidupan sehari-hari
|
Tes
tulis
|
Isian
|
1 x 45’
|
· Al-Qur’an
dan terjemahan
· Fikih
Islam
· Buku
paket PAI Kelas X
|
|
4.4. Menerapkan cara pelaksanaan aqiqah
|
Penerapan aqiqah
|
·
Menyiapkan peralatan
untuk mendemonstrasi-kan aqiqah
·
Mengidentifikasi
hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembagian daging aqiqah
|
·
Mempraktekkan
pelaksanaan qurban
·
Mengorganisir
pelaksanaan aqiqah
|
Tes
tulis
|
Isian
|
1 x 45’
|
· Al-Qur’an
dan terjemahan
· Fikih
Islam
· Buku
paket PAI Kelas X
|
|
5. Memahami ketentuan hukum Islam tentang pengurusan jenazah
|
5.1. Menjelaskan tatacara pengurusan jenazah
|
tatacara Pengurusan jenazah
|
· Melakukan
studi putaka untuk mendapatkan informasi tentang pengurusan jenazah
· Mencari
informasi malalui narasum-ber (MUI, NU, Muhammadiyah) tentang pengurusan
jenazah
|
·
Menjelaskan tata cara
memandikan jenazah
·
Menjelaskan tata cara
mengkafani jenazah
·
Menjelaskan
tata cara shalat jenazah
·
Menjelaskan tata cara mengubur jenazah
·
Menjelaskan hikmah pengurusan
jenazah
|
Penugasan
|
Merangkum informasi dari masing-masing narasumber
|
1 x 45’
|
· Al-Qur’an
dan terjemahan
· Fikih
Islam
· Buku
paket PAI Kelas X
|
5.2. Memperaga-kan tatacara pengurusan jenazah
|
Praktek pengurusan jenazah
|
·
Mengamati video
pengurusan jenazah
·
Memperagakan tata cara
memandikan, mengkafani, menshalati dan mengubur jenazah
|
·
Mempraktekkan tata cara
memandikan jenazah
·
Mempraktikkan tata cara
mengkafani jenazah
·
Mempraktekkan tata cara shalat
jenazah
·
Mempraktikkan
tata cara mengubur jenazah
|
Tes unjuk kerja
|
Uji petik kerja produk
|
1 x 45’
|
· Al-Qur’an
dan terjemahan
· Fikih
Islam
· Buku
paket PAI Kelas X
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar