Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog Ini Semoga Bermanfaat

Rabu, 05 Juni 2013

RPP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Status Pendidikan : MA ...................      
Kelas / Semester    : X / Ganjil
Program Keahlian  :  ........................
Mata pelajaran         : Fiqih
Standar kompetensi : 4      Memahami hikmah qurban dan aqiqah.
Kompetensi Dasar    : 4.1    Menjelaskan tata cara pelaksanaan qurban dan hikmahnya.
Alokasi Waktu         : 1 jam pelajaran ( 1 x 45 menit )

A. Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
1.    Menjelaskan pengertian tentang tata cara pelaksanaan qurban dan hikmahnya.
2.    Membaca dalil-dalil tentang qurban dan hikmahnya.
3.    Merefleksikan hikmah dari qurban
4.    Mendiskusikan tentang tata cara pelaksanaan qurban dan hikmahnya.
5.    Memahami tentang tata cara pelaksanaan qurban dan hikmahnya.
6.    Menyimpulkan tentang tata cara pelaksanaan qurban dan hikmahnya.

B. Materi Ajar : Tata cara pelaksanaan qurban dan hikmahnya.

C. Metode :
·         Ceramah
·         Tanya Jawab
·         Diskusi kelompok
·         Pemberian Tugas
·         Pengamatan

D. Langkah-langkah pembelajaran :


Kegiatan
Waktu
Aspek life skill yang dikembangkan

1.    Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
o   Memberikan salam dan memulai pelajaran dengan basma-
lah serta mengecek siswa yang tidak masuk.
o   Memberikan apersepsi/ materi yang ada hubungan dengan materi yang diajarkan serta memberikan motivasi.
o   Menyampaikan kompetensi  dari materi  yang akan diajarkan
o   Menjelaskan tujuan yang ingin dicapai dari materi yang akan diajarkan
2.    Kegiatan inti
o   Guru menunjuk salah seorang siswa untuk menjelaskan pengertian tentang tata cara pelaksanaan qurban dan hikmahnya.
o   Siswa membuka Al-Qur’an untuk mencari  dalil yang berkaitan dengan materi (eksplorasi)
o   Siswa ditunjukkan dalil nakli tentang tata cara pelaksanaan qurban dan hikmahnya.
o   Siswa memabaca dalil nakli yang berkaitan dengan materi/yaitu tentang qurban dan hikmahnya.
o   Guru menunjuk Siswa Sugi dan siswa lain untuk menjelaskan tata cara pelaksanaan qurban dan hikmahnya.
o   Guru bertanya kepada siswa tentang menjelaskan tata cara pelaksanaan qurban dan hikmahnya.
o   Siswa mengidentifikasi tentang tata cara pelaksanaan qurban dan hikmahnya.


Pemahaman Konsep











3.    Kegiatan penutup.
o   Mengadakan tanya jawab tentang ketentuan tata cara pelaksanaan qurban dan hikmahnya.
o   Guru merangkum materi yang baru saja diajarkan
o   Guru menugaskan keada siswa mencari dail nakli yang berhubungan dengan tata cara pelaksanaan qurban dan hikmahnya.
o   Menutup pelajaran dengan membaca salam dan membaca hamdalah





E. Sumber Belajar :
·  Internet dan Intranet
·  Buku paket Penidikan Agama Islam kelas X
·  Buku buku yang relevan dengan materi yang diajarkan
·  LKS Fiqih
·  LCD
·  Al-Qur’an dan terjemahannya
·  Dll



F. Penilaian :

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
Ø  Menjelaskan pengertian dan hikmah qurban
Tes tertulis

Isian
Ø  Jelaskan pengertian dan hikmah qurban ?
Ø  Menguraikan tata cara qurban yang sesuai dengan syari’at
Tes tertulis

Jawab Singkat
Ø  Sebutkan tata cara qurban yang sesuai dengan syari’at ?
Ø  Mengaitkan pensyari’atan qurban dengan kepedulian sosial
Tes tertulis

Isian
Ø  Jelaskan cara Mengaitkan pensyari’atan qurban dengan kepedulian sosial ?
Ø  Merefleksikan Qurban dalam kehidupan sehari-hari
Tes tertulis

Jawab Singkat
Ø  Sebutkan Merefleksikan Qurban dalam kehidupan sehari-hari ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar